Tanya Jawab TV Digital

1Apakah Set Top Box itu ?
Set Top Box adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV Analog biasa.
2Apa itu TV Digital terestrial?
TV digital terestrial adalah penyiaran televisi terestrial yang menggunakan format digital. Saat ini, format yang digunakan masih analog yang banyak semutnya.
3Kalau DVB-T2 itu apa?
Teknologi terkini yang resmi digunakan oleh pemerintah sebagai standar teknologi dalam penyiaran Tv Digital terestrial di Indonesia
4Apa masih perlu antena lagi?
Ya, tentu saja masih. Karena fungsi set top box adalah sebagai pengubah sinyal dari digital ke analog,sedangkan yang menangkap sinyalnya masih antena.
5Bagaimana Cara Pemasangannya, apa perlu teknisi?
Pemasangan semudah pasang DVD Player, bahkan hampir mirip. Caranya, Kabel antena dicolokkan ke port antena in di set top box, lalu sambungkan kabel audio video yg berwarna merahputih kuning (RCA) dari set top box ke TV.
6Apa daerah saya sudah aktif siaran tv digitalnya ?
Saat ini masih bertahap, tapi kedepannya seluruh indonesia akan terpancarkan sinyal digital semua. Berikut merupakan rencana jangkauan TV Digital di Indonesia.
7Apa saja Channellnya dan Berapa Channel yang bisa didapat?
Jumlah channel yang diterima masih relatif, karena memang menurut pemantauan kami hingga saat ini sinyal digital masih belum terlalu mudah ditangkap. Tetapi gambar yang diterima pasti jernih, dalam digital ini tidak mengenal semut/berbayang, yang ada diterima atau tidaknya siaran.
8Apa bisa pakai antena indoor?
Untuk saat ini disarankan tidak memakai antena indoor, kecuali tempat anda sangat dekat dengan lokasi pemancar.
9Dimana Lokasi pemancar TV di Indonesia ?
Berikut ini merupakan lokasi – lokasi stasiun pemancar televisi yang berada di Indonesia. kami menyarankan anda untuk mengarahkan antena ke lokasi berikut ini sebelum anda melakukan scanning pada set top box. – Panyandaan untuk Jangkauan Bandung dan Cimahi.Berpusat di Lembang , Jawa Barat – Nagrak untuk Jangkauan sebagian Garut Utara , berpusat di Nagrak , Cicalengka , Jawa Barat – Gunung Cikuray untuk jangkauan Garut dan Tasikmalaya.Berpusat di Garut ,Jawa Barat – Bandar Baru untuk jangkauan Medan,Berpusat di Sibolangit Sumatera Utara – Geu Gajah untuk jangakauan Aceh ,Berpusat di Aceh Aceh – Gunung Nona untuk jangkauan Ambon, Berpusat di Ambon,Maluku – Oro oro ombo untuk Jangkauan Malang,Berpusat di Dressel Jawa Timur – Bukit Gombel untuk Jangkauan Semarang,berpusat di Utara Semarang Jawa Tengah – Tangkuban Perahu untuk Jangkauan Subang(TVRI) Jawa Barat – Gunung Tela Untuk Jangkauan Bogor berpusat di Gunung Salak.Jawa Barat – Gunung Patuk Untuk Jangkauan Yogyakarta Berpusat di Gunung Kidul Yogyakarta – Joglo Untuk Jangkauan Jakarta , berpusat di Jakarta Barat – Bukit Bakung untuk Jangkauan Denpasar , berpusat di Jimbaran , Bali – Hang Tuah Ujung untuk Jangkauan Pekanbaru , berpusat di Siak Sri Indrapura, Riau – Pakatto untuk Jangkauan Makassar dan Kab.Gowa , berpusat di Bontomarannu , Kab.Gowa , Sulawesi Selatan – Gunung Depok untuk Jangkauan Banyumas , berpusat di Banyumas, Jawa Tengah – Sekupang untuk Jangkauan Kota Batam, berpusat di Sekupang , Kepulauan Riau – Bentiring untuk Jangkauan Bengkulu, berpusat di Kota Bengkulu , Bengkulu – Gunung Manumbing dan Gunung Mangkol (pemancar Indosiar) untuk Jangkauan Pangkal Pinang , berpusat di Kabupaten Bangka Tengah , Kepulauan Bangka Belitung – Padabeunghar untuk Jangkauan Cirebon , Kuningan dan Majalengka . Berpusat di Kabupaten Kuningan , Jawa Barat – Gantungan untuk Jangkauan Tegal , berpusat di Tegal , Jawa Tengah – Angkatan 45 (kampus) Palembang mewakili wilayah layanan yang ada di Sumatera Selatan, Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, dan sekitar. Daftar Stasiun TV yang menyewa tempat kepada Stasiun Relai TV lain – Di Jakarta , Global TV dan SCTV disatukan dengan RCTI – Di Bandung , Metro TV, Global TV, dan IMTV disatukan dengan RCTI -Di Garut, MetroTV , Trans7 , Global TV, tvone dan Trans TV disatukan dengan RCTI dan antv – Di Yogyakarta, SCTV disatukan dengan RCTI – Di Semarang , Trans TV disatukan dengan TVRI – Di Batam , Indosiar disatukan dengan TVRI – Di Bengkulu, Global TV disatukan dengan MNCTV – Di Surabaya, MNCTV disatukan dengan antv – Di Bali, tvone , Trans7 , dan MNCTV disatukan dengan antv Stasiun Relai di gedung Tinggi / tempat lain – Wilayah Jakarta stasiun Relai-nya berada di sebelah barat ( RCTI,TPI, dan Global TV ) – Wilayah Surabaya stasiun Relai-nya berada di Graha Pena (Gedung Jawa Pos ) *sumber : Wikipedia
10Bisa Terima siaran Luar Negeri?
Tidak,siaran ini khusus untuk Channel Lokal, Nasional dan beragam channel baru di TV Digital.
11Bisa Pake antena tv berbayar seperti Indovision, Aora, YesTV, TopasTV, Astro atau Antena parabola yang ukuran besar itu ?
Tidak bisa, Set top Box ini DVBT-2,sedangkan antena tersebut berteknologi DVB-S yang diarahkan ke satelit,sedangkan DVB-T2 diarahkan ke Pemancar.
12Saat ini ditempat saya banyak semut dan berbayang, apa bisa jernih?
Pasti jernih, Karena sudah Digital.
13Apakah siaran bola diacak?
Pada kenyataannya masih ada beberapa stasiun TV yang melakukan pengacakan, namun tenang saja karena Stasiun TV SANGAT DILARANG untuk melakukan pengacakan pada Siaran TV Digital terestrial ini. Jika diacak silakan laoprkan pada kominfo di (021) 500 801 atau via twitter di @TVDigital_IDN atau web resmi tv digital kominfo di http://tvdigital.kominfo.go.id/
14Tempat saya dipegunungan, susah terima siaran tv,apa bisa jernih pakai alat ini?
Jika diterima pasti jernih, karena memang “INI SUDAH DIGITAL”, tapi masalahnya sinyal TV digital ini masih belum kuat dan agak sulit ditangkap.
15Saya di Apartemen apa bisa pakai alat ini?
Para penghuni apartemen dan office di Jakarta menjadi klien kami dan hasilnya relatif. sebaiknya di cek dulu apakah antena anda terhalang bangunan apartemen atau tidak.
16Antena saya sudah Digital, apa perlu pake set top box lagi?
Ya, Jika TV Anda masih analog. Karena fungsi set top box adalah sebagai pengubah sinyal dari digital ke analog,sedangkan yang menangkap sinyalnya masih antena.Perlu diketahui, sebenarnya antena digital itu tidak ada, hanya strategi marketing pabrikan antena.
17Kenapa ditempat saya cuma terima sedikit channel?
Seperti kami tulis sebelumnya, karena ini kebijakan pemerintah yang baru drealisasikan tahun 2012, semua siaran muncul secara bertahap tiap tahunnya sampai tahun 2018. Kebijakan ini ingin menggantikan siaran analaog yang biasa kita pakai dengan siaran digital utk lebih jelasnya silahkan baca link berikut ini http://tvdigital.kominfo.go.id/?p=130#more-130
18Kenapa ditempat saya tidak bisa terima channel sama sekali?
Padahal berdasarkan rencana jangakauan diatas, daerah saya sudah bisa seharusnya. Hal tersebut dikarenakan sinyal Tv digital yang memang masih belum kuat, jadi ada beberapa tempat yang masih sulit menerima. Solusinya, saran kami gunakanlah antena yang penerimaannya lebih baik.
19TV saya LED apa bisa terima dengan bagus gambarnya kalau pake set top box?
Semua televisi baik LCD, LED, Plasma dan tabung hanyalah teknologi layar monitor TV, bukan teknologi penerimaan semacam DVB-T2.
20TV saya sudah digital kah?
Kan Tv saya LED layar tipis sudah 3D pula.. TV LCD, LED, dan Plasma bahkan yang 3D pun dan yang tipis itu belum tentu digital, coba tanyakan ke customer care atau toko tempat anda membeli, Apa sudah DVB-T2, jika ternyata masih belum atau masih DVB-T saja anda tidak perlu khawatir, anda cukup menambahkan set top box berstandar dvb t2, segera hubungi kami, kami merupakan penyedia set top box dvb t2 receiver tv digital di Indonesia, sebuah amanah bagi kami untuk melayani anda.
21Apa perbedaaan TV analog dan Digital?
Terletak pada tunernya, TV Digital yang resmi dipakai di Indonesia adalah DVB-T2.sementara tidak ada ciri fisik khusus yang membedakan TV Analog dan TV Digital. Apa bisa di pararel untuk beberapa unit TV ? Idealnya satu STB untuk Satu TV, karena jika dipararel gambar tiap tv akan sama semua. pakai alat ini
22Kalau saya mau nonton tv digital dan tv biasa bersamaan di rumah bisa tidak?
Bisa, ada 2 alternatif : 1. bisa pakai kabel loopout, jadi nanti tinggal colokkan di port ant out di set top box dan dicolokkan ke port antena yang ada di tv. 2. pararel kabel dari antena langsung, lalu colok ke Tv dan yang satu colok ke Set Top Box. Dengan cara diatas, analog dan digital keduanya aktif. jadi masih bisa nonton tv yang ada semutnya.
23Apa bisa dipakai di Mobil ?
Bisa, tapi perlu dimodifikasi lagi, seperti perlu pakai inverter utk power atau dimodifikasi powenya dari AC ke DC. Kemudian perlu diselip-selip di dashboard atau yg lain. karena memang ini desainnya utk dirumah, tapi kualitas gambar stabil, dan jangan lupa pakailah antena khusus mobil.
24Siapa saja yang pernah membeli dari kami?
Rumah Tangga biasa, Kaskuser, Pekerja TV bagian Transmisi, Hotel-Hotel, EO Pameran TV Digital kominfo, CS TV Digital Kominfo, anak kost, makelar kredit, militer, bahkan pekerja di DPR juga pernah. beberapa kali kami kirim ke Malaysia juga, dan saat ini set top box kami juga pernah dipakai di Singapore, jadi kompetible utk daerah sana.
25Apa Kelebihan TV Digital dibanding Analog ?
Gratis Tanpa biaya Bulanan namun kualitas gambar Tanpa Semut, Kualitas gambar setara DVD dan suara lebih memuaskan,jumlah saluran program lebih banyak, makin bertambahnya jumlah saluran program siaran, munculnya aplikasi penyiaran baru, multimedia dan layanan entertain lainnya. Lembaga penyiaran akan mendapatkan keuntungan rendahnya biaya operasi dan kecanggihan teknologi. Peluang pengembangan konten lokal menjadi terbuka. Perangkat Set top Box ada yang memiliki fitur record, sehingga kita bisa merekam acara televisi, Set Top Box ini memiliki fitur EPG ( Electronic Program Guide ) yang memungkinkan kita untuk mengetahui acara-acara yang telah dan akan ditayangkan kemudian. Set Top Box merk POLYTRON bahkan sudah memiliki fitur EWS ( Early Warning System ), yang memungkinkan melakukan peringatan darurat terhadap bencana alam seperti tsunami, teknologi ini dirancang oleh BPPT.